Kamis, 28 Juni 2012

ETIKA BIROKRASI DALAM ADMINISTRASI PEMBANGUNAN Tantangan Menghadapi Era Globalisasi

Pertama -tama perkenankanlah saya menyampaikan selamat kepada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada, yang sekarang sedang memperingati hari jadinya yang ke-41. Sungguh merupakan kebahagiaan bagi saya dapat turut hadir pada upacara peringatan ini, terutama karena saya merasa juga sebagai warga fakultas ini sebab saya telah memperoleh penghargaan gelar doktor kehormatan dari Universitas Gadjah Mada dalam bidang kajian fakultas ini. Kesempatan ini juga terkait dengan telah selesai dibangunnya gedung program Magister Administrasi Publik (MAP), yang pembangunannya dilakukan secara swadana. Sekali lagi saya ingin mengucapkan selamat kepada Universitas Gadjah Mada, khususnya warga yang terlibat dalam program tersebut. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya diminta untuk menyampaikan kuliah umum dengan sebuah tema yang telah dipilih oleh pimpinan universitas untuk menjadi bahan pembahasan, yaitu etika birokrasi pembangunan dengan penekanan khusus pada tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam era globalisasi dan menyongsong era liberalisasi perdagangan dunia. Dalam membahas tema itu, saya ingin memulainya dengan secara singkat mengungkapkan pemikiran-pemikiran yang berkembang dalam ilmu administrasi, khususnya administrasi negara, mengenai etika administrasi, kemudian memproyeksikannya kepada tantangan bagi birokrasi pemba ngunan, terutama dalam menghadapi era glo balisasi. Mengingat luasnya subjek yang menjadi bahan pembahasan, padahal waktunya amat terbatas, dengan sendirinya apa yang dapat saya sajikan hanyalah paparan secara sangat ringkas dalam kerangka pikir tertentu, dan di sana -sini mendalami berbagai aspeknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar